-->

Pengertian Url (Uniform Resource Locator) Beserta Fungsinya

Pengertian URL, Fungsi URL, Contoh URL dan Bagian URL - Jaringan internet di kala kini ini sangatlah penting bagi kelangsungan hidup, berbagai komponen-komponen yang terlibat di dunia internet, salah satunya yakni URL atau biasa dikenal dengan sebutan alamat suatu web.

 Jaringan internet di kala kini ini sangatlah penting bagi kelangsungan hidup Pengertian URL (Uniform Resource Locator) Beserta Fungsinya

Mungkin banyak diantara kita sering mendengar istilah url, ntah itu pernah mendengarnya dilingkungan sekolah, daerah pekerjaan, rumah sakit, lab dan sebagainya. Namun walaupun kita sering mendengarnya tetapi masih banyak orang yang belum paham dari definisi url tersebut dan fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya.

Walaupun orang tersebut pekerja kantoran mengurus website penjualan, tetapi beliau sendiri pun juga masih belum paham dari pengertian url, apalagi mengingat semakin maraknya acara cyber crime atau penjahat internet menyerupai hack akun yang memanfaatkan alamat web atau url.

Pengertian, Fungsi, Contoh dan Bagian-bagian URL


Kaprikornus pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan definisi dari url serta fungsi, referensi dan bagian-bagian yang terdapat di url. Supaya kalian sanggup memahaminya dengan baik, kami akan menjelaskannya secara pelan dan padat, jadi akan dijelaskan dari pengertiannya terlebih dahulu gres fungsi, referensi dan terakhir bab url.

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu, URL ini pertama kali ditemukan oleh seseorang yang berjulukan Tim Berners-Lee sekitar tahun 1991 yang bertujuan untuk mempermudah penggunanya dalam mengakses internet.

Apalagi kini ini sudah tersedia mesin pencari atau search, tentunya dengan begitu sanggup memudahkan kita dalam menuju suatu web dengan cepat. Yaudah dari pada kata pengatarnya terlalu panjang tetapi kalian sudah pusing duluan, mending pribadi aja nih kita bahas dari definisi url, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian URL


URL mempunyai kependekan Uniform Resource Locator yang merupakan suatu karakter yang mempunyai karakter standar tertentu yang ditujukan sebagai alamat dari sumber-sumber di internet, hal tersebut sanggup berupa file page, dokumen, gambar dan sebagainya.

Dan rangkaian karakter yang dipakai sanggup juga berupa angka, simbol ataupun abjad sesuai dengan standar yang sudah diterapkan. Salah satu standar yang paling menonjol yakni url tidak mengenal adanya spasi, kemudian diawali dengan http ataupun https dan masih banyak lagi.

: Pengertian WWW, Sejarah dan Fungsinya
: Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya

Penetapan suatu url atau alamat tujuan menjadi salah satu bab cukup penting bagi para pembuat website atau developer web. Tetapi bagi para pengunjung tidak bersifat wajib alasannya yaitu di kala kini ini google ataupun search lainnya sudah ada algoritma search yang tidak harus berupa url saja.

Misalnya kalau kita ketik "Cara mengatasi komputer lemot", maka sangat banyak di situs mengulas hal tersebut dan sudah dipastikan dengan begitu pengunjung tidak wajib harus menulis url secara rinci ataupun detail, tetapi cukup mengetik kata kunci saja.

Fungsi URL


Fungsi url ini sudah kami sindir pada ulasan diatas atau sudah kami jelaskan sebelumnya, yakni para pengguna internet intinya url ini untuk memanggil ataupun menemukan file yang akan dikunjungi secara pribadi tanpa melewati situs-situs lainnya.

Contohnya menyerupai ulasan diatas tersebut yang menjelaskan cara mengatasi komputer lemot, yang berarti kalau mau mengunjungi tanpa menemukan situs-situs lainnya kita harus mengetik alamat yang dituju secara rinci.

Kekuatan dari url ini juga sanggup menciptakan kalian berpindah-pindah antar halaman situs web dengan media yakni hyperlink. Selain itu masih ada lagi fungsi-fungsi lain dari url menyerupai :
  • Salah satu sarana sebagai identifikasi file, dokumen, gambar dan lain sebagainya.
  • Sebagai nama lengkap bagi suatu situs web, contohnya menyerupai alamat rumah kita.
  • Memudahkan pengunjung untuk menuju pribadi ke situsnya tanpa harus menulis keyword pada search engine.

Tetapi sayangnya fungsi url ini masih banyak yang menyalahgunakannya oleh oknum-oknum lain yang tidak bertanggung jawab, menyerupai melaksanakan plagiasi atau manipulasi url dan hack akun yang menipukan tampilannya sama dengan situs resminya tetapi agak melenceng sedikit urlnya.

Misalnya begini, ada yang melaksanakan hack akun facebook tetapi dengan cara web phising yang tampilannya sama persis dengan facebook, kalau situs resmi facebook alamat urlnya www.facebook.com , sedangkan yang palsu niscaya agak melenceng menyerupai www.faceebook.com (huruf E ada 2, itu palsu yang dinamakan web phising).

Kaprikornus dibutuhkan bagi pengguna internet harus selalu waspada dalam pengetikan url, harus sempurna bidikannya dan jangan hingga melenceng walaupun 1 abjad saja, alasannya yaitu diluar sana banyak yang melaksanakan hack akun dengan cara web phising.

Contoh URL


 Jaringan internet di kala kini ini sangatlah penting bagi kelangsungan hidup Pengertian URL (Uniform Resource Locator) Beserta Fungsinya

Contoh dari penggunaan url ini sanggup kalian jumpai di kolom search paling atas pada media browser Anda, contohnya ketika kalian membaca artikel ini maka kalian sanggup perhatikan pada kolom searchnya terdiri dari protocol (http/https), nama domain websitenya dan path-path atau page halaman yang terkait.

Url pada suatu situs website dibagikan menjadi 2 bab yakni URL Absolute dan URL Relative. Kalau untuk url absolute contohnya url yang dilengkapi dengan nama domain serta menyebutkan lokasi ataupun direktori file di dalam url tersebut, contohnya menyerupai https://www.namasitusnya.com/images/feritekno.png .

Kalau untuk url relative juga mempunyai fungsi yang sama menyerupai menyebutkan sebuah lokasi atau direktori file, namun pada domain yang memang aktif pada dikala itu, contohnya menyerupai image.png .

Bagian-bagian URL


 Jaringan internet di kala kini ini sangatlah penting bagi kelangsungan hidup Pengertian URL (Uniform Resource Locator) Beserta Fungsinya

Seperti yang sudah kita sindir pada ulasan diatas bahwa bagian-bagian url terdiri dari protokol, domain dari situs websitenya dan path absolute sesuai dengan direktori yang ada. Fungsi protokol pada url sangatlah penting alasannya yaitu ia memberitahu bahwa situs websitenya memakai https/https atau tidak, dan memakai www atau tidak memakai www. Contohnya menyerupai situs ini yang menampilkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan WWW (World Wide Web).

Bagian selanjutnya dari url yaitu nama domain serta alamat web itu sendiri dan biasanya beliau menjadi satu paket dengan web servernya, contohnya nama website ini , dan nama domainnya .COM , kalau digabungi maka menjadi .

Yaa mungkin itu saja mengenai pengertian url, fungsi url, referensi url dan bagian-bagian url terhadap situs website. Jika teman-teman masih ada yang gundah atau ada masukkan lainnya, tinggal komentar saja pada kolom dibawah ini dan pastinya tim kami nanti akan membantu dari pertanyaan teman-teman sekalian.

Andai kata artikel ini dijadikan materi skripsi kiprah kalian, kami memohon untuk mencantumkan link pada referensinya, agar barokah hehe. Yang pastinya kami akan mengijinkan kalian jikalau dicantumkan link referensi situs ini secara lengkap, hingga jumpa lagi yaa gaess semoga hari-hari mu menyenangkan.

0 Response to "Pengertian Url (Uniform Resource Locator) Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel