-->

Pengertian Komputer Server Dan Fungsi-Fungsinya

Dalam jaringan komputer pastinya teman-teman sudah mengetahui dong apa itu komputer server, jikalau bagi kau yang belum mengetahuinya, kami akan mengulas mengenai server serta fungsi-fungsinya. Tetapi sebelum kami bahas semuanya, jikalau berkenan silahkan kau baca pengertian dan fungsi dari komputer client, alasannya yakni keduanya ini ada keterkaitan yang sangat kental dalam dunia jaringan. ( : Pengertian Komputer Client dan Fungsi-fungsinya)

teman sudah mengetahui dong apa itu komputer server Pengertian Komputer Server dan Fungsi-fungsinya

Pengertian Komputer Server Beserta Fungsi-fungsinya


Setelah kalian membaca pada link diatas mengenai client, berikut pengertian dari komputer server terlebih dahulu, gres membahas fungsi-fungsi yang terdapat didalam server. ( : Pengertian Desain Grafis dan Jenis-jenisnya)

Pengertian Komputer Server


Komputer server merupakan sebuah komputer khusus yang dipakai untuk memperlihatkan layanan pada komputer-komputer lain (Komputer client) pada sebuah jaringan komputer. Beberapa teladan layanan yang biasa dilakukan oleh komputer server antara lain Web, FTP, DNS, DHCP, Proxy dan lain sebagainya. ( : 5 Aplikasi Untuk Editing Foto di HP Android)

Dan server harus non stop 24 jam untuk melayani komputer lainnya sehingga ia mempunyai server yang sangat berat, terlebih lagi juga membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi alasannya yakni server bersifat sebagai sentra semua jaringan yang saling berafiliasi dengan komputer lainnya.

Keberadaan server ini sangat diharapkan dalam jaringan, mengapa begitu? alasannya yakni dengan adanya server bisa menghemat arus listrik pada komputer lainnya. Contoh teman-teman mempunyai sebuah printer, nah kau bisa deh menggunakannya secara bersamaan dengan pengguna lain tanpa harus memindah-mindahkan perangkat tersebut. ( : 5 Aplikasi Untuk Belajar Coding atau Pemrograman di HP Android)

Mungkin dari pengertian diatas teman-teman sudah mengetahuinya yaa, untuk itu lanjut untuk membahas fungsi yang terdapat didalamnya, apa aja sih? yuks eksklusif aja simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Komputer Server


1. Sebagai Pusat Data dalam Sebuah Jaringan

Namanya juga server, yaa pastinya ketua dari semua komputer yang saling terhubung dalam satu jaringan (Client). Dengan begitu komputer lain dengan mudahnya bisa saling menukar warta atau data-data ke komputer lainnya.

2. Sebagai Pelindung dari Serangan Virus atau Malware

Fungsi kedua yakni sebagai pelindung serangan virus terhadap komputer lainnya yang saling berhubung, alasannya yakni server sebagai sentra hanya serverlah yang bisa bekerja untuk membrantas semua virus yang terdeteksi dijaringan.

3. Pengatur Hak Akses dalam Jaringan

Beberapa layanan mungkin hanya bisa dipakai oleh pengguna tertentu, dengan adanya komputer server kita bisa diatur sesuai dengan pembagian - pembagian yang sudah ditentukan. Misalnya komputer karyawan hanya bisa memakai data dan aplikasi tertentu yang tersimpan dalam server, sementara untuk pimpinan bebas aksesnya. ( : Pengertian Output Device Komputer Beserta Contohnya)

4. Mengatur Lalu Lintas Jaringan

Fungsi selanjutnya yakni mengatur jaringan yang ada, dengan begitu komputer yang terhubung bisa mengakses internet secara bebas namun harus tetap dalam hukum server yang sudah diterapkan dari servernya.

5. Melayani Permintaan Komputer Server

Salah satu fungsi komputer server yakni melayani seruan komputer client, sebagai teladan pada ketika komputer client terhubung ke jaringan komputer, komputer tersebut akan eksklusif mendapat IP Address tanpa perlu melaksanakan setting manual, layanan ini disediakan oleh server DHCP. Contoh lainnya ketika pengguna membutuhkan data atau file, komputer server akan eksklusif memperlihatkan data atau file yang diminta untuk diproses lebih lanjut. ( : Pengertian HTTP dan HTTPS Beserta Perbedaannya)

Mungkin itu saja pengertian dari server beserta fungsinya, jikalau kau masih ada yang resah tinggal tanya saja dengan cara berkomentar pada kolom dibawah yang sudah disediakan yaa gaess. Semoga dengan ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda, dan selalu tunggu pada situs ini mengenai ulasan jaringan lainnya.

0 Response to "Pengertian Komputer Server Dan Fungsi-Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel